Cantik Sih, Tapi....

Cantik.

Setiap perempuan ingin dibilang cantik, padahal mereka sudah terlahir cantik. Ya mana ada cewek ganteng. Ya kan? Namun banyak diantaranya "memaksa" diri mereka untuk menjadi cantik. Cantik yang dilihat orang lain.

Perawatan mahal, make up mahal, hanya untuk  menutupi kekurangan di wajah. Padahal definisi cantik adalah tak hanya di muka, tapi seluruh tubuh. Tubuh yang sehat dan kecerdasan yang mumpuni.

Ingat Cleopatra? Sosok pemimpin wanita tersohor yang memerintah Mesir selama berabad-abad. Seorang wanita yang mampu memikat dua pemimpin Romawi yang sangat kuat pada masa itu, Julius Caesar dan Mark Antony.

Apakah Cleopatra itu cantik? 

Dari berbagai situs, disebutkan bahwa Cleopatra nyaris tidak cantik secara fisik. Dibuktikan dari koin-koin pada masa pemerintahan Cleopatra, dalam koin-koin itu digambarkan bahwa Cleopatra memiliki leher yang gemuk, hidung yang bengkok, telinga yang panjang dan dagu yang mencuat. Seperti kebanyakan wanita Ptolemaic lainnya, tinggi Cleopatra sekitar 1,5 m.


Koin Cleopatra
Itulah Cleopatra. Yang kebanyakan orang tahu, Cleopatra adalah wanita yang cantik jelita, tidak bercacat, dan menawan, nyatanya Cleopatra maskulin dan memiliki hidung seperti bekantan.

Lalu bagaimana Cleopatra bisa memikat dua Kaisar Romawi yang sangat kuat pada masa itu? Ternyata dia make pelet. 

Hahaha. Nggak nggak. Ternyata kata wikipedia begini:

"For she was a woman of surpassing beauty, and at that time, when she was in the prime of her youth, she was most striking; she also possessed a most charming voice and knowledge of how to make herself agreeable to every one. Being brilliant to look upon and listen to, with the power to subjugate every one, even a love-sated man already past his prime, she thought that it would be in keeping with her role to meet Caesar, and she reposed in her beauty all her claims to the throne."

Yang artinya? Bisa google translate sendiri lah ya. Hahaha. 

Iya deh gue artiin, jadi intinya Cleopatra ini memiliki suara yang menarik dan menenangkan, berwawasan luas, dan perilakunya yang menyenangkan.

Ini definisi cantik berdasarkan kisah Cleopatra.

Nampaknya sebagian orang menerapkan prinsip cantik seperti Cleopatra, yang mengedepankan inner beauty. Namun tak sedikit yang judge people by the cover, sehingga menimbulkan persepsi kepada setiap perempuan bahwa cantik adalah yang bertubuh langsing dan muka yang putih.

Jadi mereka-mereka ini menghalalkan segala cara untuk tampil all out.

Nggak salah sih ambil perawatan mahal biar wajah kinclong. Nggak salah sama sekali. Kecuali lo perawatan pake duit dari hasil nyolong, nah baru salah.

Tapi... Selagi memperhatikan fisik, lihat juga inner beauty kita. Apakah sudah menjadi pribadi yang cerdas? Apakah sudah menjadi pribadi yang menyenangkan orang lain?

Gue suka gemes, sama orang yang tiap menit tacap, tapi liat lantai kotor nggak disapu. 

Tiap kelar makan, listipan, tapi meminta maaf atas kesalahan sendiri masih gengsi. 

Tiap kepanasan dikit bedakan, tapi memutar balikkan fakta biar dirinya dikenal baik sama orang lain.

Tiap hari blow mateng, tapi nggak nyambung setiap diajak ngobrol.

Tiap hari luluran, tapi selalu berfikiran negatif kepada teman sendiri.

Banyak-banyaklah membaca, banyak-banyaklah cari tahu. Ilmu nggak berbatas akademik matematika, kimia, biologi. Tapi ilmu juga tentang kehidupan, tentang memahami sifat orang lain, tentang memahami keadaan sekitar.


be smart

Ingat, cantik bukan hanya fisik, tapi yang berwawasan luas dan menjadi pribadi yang menyenangkan. 


Seperti Cleopatra. 

0 comments:

Post a Comment