Jika Istrimu Seorang Arsiparis

Pernahkah dalam benakmu bahwa akulah yang akan menjadi istrimu?

Aku, yang adalah seorang Arsiparis.

Banyak orang yang tidak tahu apa itu arsiparis. Mungkin kamu juga, kan? Baik, aku akan sedikit jelaskan, Arsiparis adalah profesi seseorang yang bekerjanya mengurusi dokumen suatu instansi, baik pemerintah maupun swasta. Sebuah profesi yang dimata orang adalah profesi yang tidak spesial. Ya memang begitu kenyataannya. Dibandingkan dengan Dokter, Apoteker, Akuntan, dan sederet profesi keren lainnya, arsiparis apalah? Namun aku telah ditakdirkan Allah untuk menjadi Arsiparis. Aku bekerja diantara kertas-kertas yang sudah lapuk. Jelas banyak debu dan kuman disana. Belum lagi jika tempatku bekerja arsipnya masih sangat berantakan, dan setengah ruangannya seperti gudang. Aku harus membereskan semuanya. Arsiparis selain mengelola dokumen juga menata ruangan yang penuh berkas ini menjadi rapi.

Untuk menjadikan ruangan tersebut rapi, aku harus memulai dari perencanaan, skema penataan, rencana pengelolaan, klasifikasi, dan seterusnya. Aku juga harus menata boks-boks arsip yang berantakan, memastikan isinya arsip atau bukan, jika boks terbuang dan isinya arsip, akulah orang yang harus bertanggung jawab. Boks-boks tersebut ditata di rak atau roll o'pack, dan tak jarang aku harus memanjat untuk meletakkan boks di rak yang paling atas.

Aku jauh dari paras cantik, bahkan terkesan dekil dengan pekerjaanku mengurus kertas-kertas yang nyaris lapuk. Sering aku jatuh sakit karena debu, atau kedinginan karena suhu ruangan yang memang di-stel dingin.

Aku jarang dikenal di kantor, karena aku bekerja di tempat terpisah dengan kantor pusat. Jika kau bertanya tentangku di kantor pusat, orang-orang tak akan tahu aku yang mana, dan aku pun bukan orang yang gila eksistensi. Jadi aku tak perlu memusingkan posisiku di kantor. Kau tak keberatan kan?


Tulisan ini untukmu, yang memilih seorang arsiparis untuk mendampingi sisa waktumu.
Jika istrimu seorang arsiparis, percayalah kau tak akan kekurangan kasih sayang, dia akan senantiasa memberimu kasih sayang yang berlebih, jika arsip saja mampu dia urus sedemikan rupa, bagaimana denganmu yang selalu membuatnya tersenyum setiap hari.

Jika istrimu seorang arsiparis, peluklah ia ketika kelelahan mengusung kertas dan boks yang ia pindahkan ke ruang arsip atau ke tempat seharusnya arsip tersebut disimpan. Sayangi dia, pekerjaannya tak mudah, tanggung jawabnya besar, ketika ada arsip yang tanpa sengaja rusak atau hilang, dia orang pertama yang harus bertanggungjawab.

Jika istrimu seorang arsiparis, pahamilah dia dengan pekerjaannya. Dia tak pernah bersolek, karena dandanannya akan percuma karena akan tertutup debu arsip, tapi jangan khawatir dia pasti akan menempatkan dirinya dengan baik. Dia tak akan terlihat dekil ketika kau ajak dia pergi dinner berdua atau ke acara kondangan atau sekedar hangout bersama teman-temanmu.

Jika istrimu seorang arsiparis, buatlah ia tenang ketika dia harus mencari arsip yang dibutuhkan, dan arsip tersebut entah berada dimana. Yakinkan ia jika sesuatu akan ada jawaban, arsip yang hilang pasti akan ditemukan, meskipun entah kapan. 

Jika istrimu seorang arsiparis, jangan khawatir kau akan kekurangan dalam hal keuangan, dia akan membantumu meskipun gajinya tak seberapa, percayalah dia akan menyisihkan sedikit gajinya untuk keperluan yang mendesak. Dia juga tidak akan menjadi orang yang boros. Dia akan menjadi penasehat keuangan yang baik untukmu. Meskipun ada keinginan yang harus dipenuhi, percayalah dia telah memastikan tabungan aman. Kau tak perlu risau mengenai tabungan keluarga.

Jika istrimu seorang arsiparis, kau tak usah perlu khawatir kau tak terurus. Dia akan bangun pagi menyiapkan sarapan untukmu dan anak-anak sebelum berangkat bekerja, dan sebisa mungkin dia memprioritaskan keperluanmu terlebih dahulu, karena hidupnya hanya untuk kamu, seorang laki-laki, suami yang dia pilih untuk menemaninya menghabiskan waktu dan menua bersama.

Jika istrimu seorang arsiparis, kau sangat beruntung, karena kau menikahi orang yang tepat. Terbiasa merapikan arsip, dia juga akan membereskan barang-barangmu ketika kau tinggalkan begitu saja, merapikan sepatu ketika kau pulang bekerja, atau merapikan meja kerja dirumah ketika kau memilih membawa pulang pekerjaan kantormu. Dan saat kau membutuhkan barang-barangmu, dia dengan mudah akan menemukan kembali. Dia orang yang pertama kali tahu letak kebutuhanmu karena memang pekerjaanya dituntut untuk cepat dan tepat dalam menemukan arsip yang dibutuhkan. Dia juga pasti teliti, karena jika ketelitiannya oleng sedetik, dia akan mengulang pekerjaan dari awal atau istilahnya kerja 2x, dia tak akan membuang-buang waktunya untuk hal yang sia-sia, karenanya ketelitiannya bisa diuji. Tentangmu dia pasti akan teliti juga, memahami sifat dan sifatmu pasti bukan hal sulit untuknya.

Jika istrimu seorang arsiparis, jangan khawatir anak-anakmu akan sakit karena debu-debu arsip yang setiap hari pasti ada yang dia bawa pulang. Dia akan bebersih dahulu sebelum memanjakan anakmu, dia juga pasti tak ingin anak-anaknya sakit.
Jika istrimu seorang arsiparis, ketahuilah bahwa kesempurnaan hidupnya adalah ketika dia pulang ke rumah selepas kerja dan ada senyum orang yang dia sayang, menghabiskan malam dengan berkumpul keluarga, mendengarkan celotehan anak-anakmu yang riang.






Love,
Meta

0 comments:

Post a Comment