Sabang, Primadona Pariwisata Aceh

"Taaa..... Lo harus ke Sabang. Harus!"
Pagi-pagi seorang teman udah lari-larian sehabis landing dinas di Aceh.

"Emang ada apa di Sabang?"

Jadi gini.......

Sabang. Siapa sih yang nggak kenal Kota Sabang? Kota yang menjadi slogan batas wilayah kepulauan Indonesia "Dari Sabang Sampai Merauke". Sabang kini menjadi kota pariwisata yang layak untuk dicantumkan dalam bucket list traveling.

Kota Sabang terletak di Pulau Weh, Pulau terbesar di Kepulauan paling ujung sebelah barat Negara Republik Indonesia dan termasuk dalam Provinsi Aceh. Kota Sabang dikelilingi oleh Samudera Hindia dan Selat Malaka, oleh sebab itu keragaman hayati laut menjadi primadona bagi kota Sabang. Jadi, tak hanya Tugu Nol Kilometer saja yang ada di Sabang, tapi banyak destinasi wisata lain yang sedang dalam perkembangan, termasuk wisata bahari.

Untuk menuju kota Sabang, kita perlu menaiki perahu (bukan sampan), semacam kapal feri dari Aceh, perjalanan ke Pulau Weh sekitar setengah jam dari Pelabuhan Malahayati. Akses jalan sesampai di Sabang pun mudah, jalanan sudah bagus tidak ada lubang di sepanjang perjalanan wisata di Sabang. Jika kelelahan, penginapan juga tersedia di sekitar daerah wisata, dengan harga yang terjangkau. Harga paling mahal untuk penginapan sekitar 500ribu. Yang paling mahal aja tetep murah kan? Terjangkau lah untuk para backpaker. Perjalanan dari pelabuhan ke destinasi wisata di Sabang cukup jauh yang memakan waktu sekitar 2 jam, namun rasa lelah para traveller akan terbayar lunas dengan pemandangan wisata yang indah.

Destinasi wisata di Sabang adalah pertama Pantai Iboih, disana traveller akan disuguhi oleh keindahan pemandangan lautan luas yang jernih dengan hutan disisi-sisinya. Selain pemandangan yang luar biasa memanjakan mata, traveller juga bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut dengan diving dan snorkeling.

Pantai ini memang menjadi destinasi wisata bawah air unggulan di Sabang, kejernihan airnya membuat kehidupan bawah laut terlihat sangat jelas didepan mata. Ikan-ikan berenang kesana kemari diantara tumbuhan-tumbuhan laut seolah mengangkat semua penat yang ada di tubuh. Segeralah diving atau snorkeling jika tiba di Pantai Iboih ya! Nikmati pesona bawah lautnya.


Pantai Iboih (pict from: pedomanwisata.com)

Spot diving dan snorkeling ini bisa dijangkau dengan speedboat dari bibir pantai dengan biaya 450ribu untuk 5 orang, biaya ini sudah termasuk sewa peralatan diving dan snorkeling. Jadi tertarik untuk diving disana kan? Selain pantai Iboih, beberapa pantai juga menawarkan wisata snorkeling misalnya Seulako Barat, Taman Laut Rubiah, Batee Tokong. Ada pula Pantai Pantee Aneuk Seuke atau "The Canyon" yang menawarkan gua, lengkungan dinding, dan ngarai di tepian laut.


Surga bawah laut Pantai Iboih (pict from: sidomi.com)

Tertarik untuk wisata ke Sabang?
Ke Sabang yuk! Karena Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan mengadakan sebuah festival bertajuk "Sabang Marine Festival" yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-30 April 2016.







Don't miss it...















Best Regards,
Meta.

0 comments:

Post a Comment