Jadi CPNS

Karena banyak yang nanyain gimana gue bisa masuk Kementerian ESDM, maka gue putusin buat tulis disini alur gue masuk kementerian ini.

Gue lulus dari UGM Agustus 2014. Sempet was-was karena waktu itu santer banget CPNS dibuka Juli 2014, dan ngga boleh pake SKL.

Akhirnya wisuda lah gue Agustus 2014, untungnya CPNS ngga jadi dibuka Juli. Hosip lagi mau dibuka 20 agustus 2014. Ternyata zonk juga. Tapi akhir bulan Agustus itu ada pengumuman CPNS buka awal September. Beklah.

September 2014.
CPNS resmi dibuka. Kita mendaftar melalui laman panselnas.menpan.go.id. Dalam web tersebut ada beberapa tab seperti formasi CPNS 2014, alur pendaftaran dll. Di tab formasi CPNS 2014 terdapat daftar instansi Pemerintah yang membuka CPNS tahun 2014, dari tab formasi itu kita bisa milih instansi mana yang mau kita daftar. 

Di line pertama tab formasi 2014, ada daftar Kementerian, ada kayaknya sekitar 40an Kementerian yg buka CPNS waktu itu.

Line kedua Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Ada sekitar 30an Lembaga Pemerintah kalo ga salah. Lembaga Pemerintah itu misalnya Badan Kepegawaian Negara, Komisi Pemilihan Umum, Arsip Nasional RI, dll.

Line berikutnya ada Pemerintah Daerah. Disini banyak banget lembaga daerah yg buka CPNS. Pemda itu Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Maaf ya nggak ada foto daftar instansi yang membuka CPNS. 

Terus milih jabatan atau posisi kerja kita gimana Ta?
Nah ini yang sering banget temen-temen tanyain. Jadi, di laman panselnas.menpan.go.id kita pilih formasi CPNS 2014 untuk milih instansi yang membuka pendaftaran. Disitu ada beberapa kolom seperti daftar Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, dan Pemerintah Daerah, seperti yang udah gue jelasin di awal tadi. Setelah kita memilih instansi, misal Kementerian Keuangan, disitu dijabarkan semua formasi yang dibuka. Mulai dari Pranata Komputer, Arsiparis, Dokter, Analis Kepegawaian, Guru, dll sesuai kebutuhan tiap instansi. 

Disetiap formasi ituu ada kualifikasi pendidikan kita masing-masing. Kayak Pranata Komputer itu kualifikasi pendidikannya S1 IT, Arsiparis ada yg ambil S1 arsip ada D3 Kearsipan tergantung instansi. Pokoknya disitu jelas banget formasinya, jabatannya apa, golongan PNSnya apa, dan berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan. Udah pokoknya kita tinggal cari aja sesuai pendidikan kita.

Rincian Formasi ASN Kementerian Keuangan
Kurang lebih seperti gambar diatas. Yang aku save cuma kementerian keuangan karena waktu itu aku pengen masuk kementerian keuangan. hehehe.

Terus habis milih instansi kita nagapain?
Menurut aku boleh langsung daftar, boleh milih dulu mana yang sreg di hati. Masing-masing instansi menentukan cara pendaftaran dan waktu pendaftaran sendiri-sendiri (sekitar 2 minggu kalo nggak salah, dan waktu itu Kementerian Keuangan termasuk instansi yang pertama membuka CPNS, kalo nggak salah sekitar akhir Agustus 2014 Kemenkeu udah buka pendaftaran sampe awal September). Cara mendaftarnya ada yang langsung ke web instansi kayak Kementerian ESDM ke web cpns2014.esdm.go.id atau ke sscn.bkn.go.id.

Setelah fix instansi mana yang mau di daftar, (ini beneran harus fix dan yakin karena kalo udah daftar di panselnas ngga bisa ganti instansi) dibawah daftar formasi yang udah kita pilih itu ada tab daftar. Setelah tab daftar itu di klik kemudian kita diarahin untuk mengisi nomor KTP, dan nama kita, setelah itu kita menunggu kode pendaftaran dan password yang dikirim email untuk selanjutnya digunakan untuk mendaftar di instansi masing-masing. Maksimal pengiriman email dari panselnas itu 2x24 jam.

Setelah mendapat kode pendaftaran, kita masuk ke web instansi atau bagi yang belum memiliki web instansi bekerjasama dengan BKN dengan alamat web sscn.bkn.go.id.

Disitu kita login dengan kode dan password yang udah dikirim oleh panselnas, kemudian kita mengisi borang pendaftaran. Seperti formasi yang dipilih, satker di instansi yang dipilih, (ps: Tahun itu 2014 setiap orang berhak memilih 3 formasi dalam satu instansi, berbeda dengan tahun 2013 yang mana setiap orang berhak 1 formasi di 3 instansi) pendidikan terakhir, alamat, email dsb seperti mengisi borang pada umumnya. Aku juga agak lupa sih urutan ngisi borangnya apa aja, yang aku inget aku daftar arsiparis pelaksana di Biro umum, keuangan, sama satunya lupa. hehehe

Setelah mengisi borang kita dapet salinan formulir pendaftaran, nah itu langsung dicetak atau dapat disimpan dalam image. Terus karena aku daftar di Kementerian ESDM, Kementerian ESDM mengharuskan kami para pelamar untuk mengirim berkas melalui pos. Ini setiap instansi ketentuannya berbeda-beda. Ada yang berkas hanya di upload secara online ada yang bahkan tidak perlu mengirim berkas dan hanya mendapatkan formulir pendaftaran aja.

Berkas yang harus dikirimkan waktu itu adalah, Surat lamaran, curriculum vitae, fc ktp, ijazah dan transkrip, surat kesehatan, skck, foto berwarna 3x4 kalo ngga salah. Ya kayak pelamar pada umumnya lah. Itu dikirim lewat pos.

Habis itu kita nunggu pengumuman lolos seleksi berkas. Nunggu pengumuman ini sekitar satu bulanan, sekitar tanggal 7 oktober kalo ngga salah. Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas lanjut ujian CAT (computer assisted test), tes ini biasa disebut tes kemampuan dasar (tkd) yang meliputi tes wawasan kebangsaan (twk), tes intelegensi umum (tiu), dan test potensi kepribadian (tpk). Googling sendiri aja lah ya mengenai tes ini. Heuu.

Tes ini ada passing grade, untuk twk passing gradenya 70, tiu 75, tpk 126. Jadi skor total 271. Passing grade untuk TPK lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 105.

Ujian tkd ini berjumlah 100 soal, masing-masing soal berbobot 5 point untuk kategori tiu dan twk dan untuk TPK skor 1-5, dikerjakan dalam waktu 90 menit. Skor dibawah passing grade langsung gugur tanpa alasan dan titipan meskipun itu kurang 1 soal ajah.

Sistem TKD untuk CPNS 2014 lebih transparan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jadi setelah selesai ngerjain soal TKD, nilai langsung muncul terpampang di layar komputer masing-masing, dan juga terpampang di display luar ruangan. Iya, waktu tes di KESDM di luar ruangan ada layar gede banget buat nampilin denah tes dan nampilin skor semua peserta setelah tes selesai. Selain itu nilai TKD juga di ranking sesuai nilai yang paling tinggi pada tiap sesi. Waktu itu sehari ada 2 sesi TKD.

Alhamdulillah waktu itu gue lolos dengan skor 337. Padahal pas ngerjain udah pesimis banget karna banyak yg ngga bisa. Dan saat itu gue percaya bahwa doa Ibu gue terkabul.


Belajarnya gimana biar lolos TKD?
Agak bingung juga kalo ditanya gimana belajarnya, orang aku aja nggak belajar. Cuma modal buku yang dibeliin ibuk dan modal jawaban temen. Bukan, bukan waktu tes aku udah pegang jawaban, bukan itu. Jadi itu buku aku kasihin ke temenku yang daftar Kemenkeu, dia yang ngerjain semua dan gue yang belajar lewat jawaban-jawaban dia di buku soal2 CPNS itu. Gitu. Terus malam sebelum ujian itu aku baca-baca soal TWK yang di-copy-in ibu dari temennya. Udah. Kalo saran gimana belajarnya, ya belajar aja. Beli aja soal-soal CPNS yang biasa di jual di toko-toko buku. Itu yang dilakuin temen-temenku yang lolos. Nggak ada tips khusus, yang penting rajin baca-baca soal, cermati polanya, insya Allah bisa. Nggak beda jauh kok dari soal-soal Tes Kemampuan Dasar pas masuk perguruan tinggi, malahan soal-soal TKD masuk Perguruan Tinggi lebih susah daripada masuk PNS. Dan jangan lupa berdoa.


Setelah TKD selesai, tahap selanjutnya wawancara. Tenggat waktu dari TKD ke wawancara ini lumayan lama banget. Aku TKD tgl 28 oktober dan pengumuman wawancara tanggal 7 desember. Ujian wawancara tgl 15 desember. 

Wawancara. Agak deg-degan juga karna belum pernah wawancara sebelumnya. Dan ketika eksekusi gue sempet syok karena wawancara gue isinya curhat doang dan dalam waktu 15 menit. Tapi kayaknya beda sih sama kalo wawancara di perusahaan dan mungkin juga beda dengan instansi lain.

Banyak yg nanya juga nih, pake bahasa inggris nggak? Pake toefl ngga? 

Alhamdulillah untuk formasi gue enggak pake. Tp untuk kriteria pendidikan tertentu pake. Kayak HI, Hukum, komunikasi kayaknya pake tuh toefl dan minimal skor 450. Kalo ngga lupa sih.

Wawancara kelar. Nunggu pengumuman akhir.

Antara wawancara dan pengumuman itu tenggat waktunya juga lamaaa banget. Pengumuman final itu akhir januari 2015. Tanggal awal februari pemberkasan di jakarta.

Pemberkasan apa aja Ta yg dibutuhin?
Alhamdulillah KESDM ngga ribet sih. Kita cuma disuruh ngisi DRH, bawa surat pernyataan, dll yg itu semua udah bisa diunduh di laman cpns2014.esdm.go.id dibawah link daftar nama-nama yg lolos seleksi.

Berkas lain yg perlu dibawa cuma transkrip dan ijasah, skck, surat dokter dan bebas napsa, fc ktp, foto berwarna dan hitam putih, materai. Kayaknya udah sih itu aja hampir sama kayak mau ngirim berkas pendaftaran.

Eh iya lokasi ujian dimana Ta?
Kebetulan KESDM menuntut kami semua buat tes di jakarta. TKD tes di pondok ranji (gedung arsip kesdm), wawancara di gedung setjen medan merdeka selatan dan pemberkasan juga menuntut kami semua untuk datang ke plasa setjen di medan merdeka selatan.

Setelah pemberkasan apaan lagi Ta?
Nunggu. Nunggu NIP selesai di proses di BKN, nunggu SK cpns jadi. 

Nunggu ini tuh paling jenuh banget. Web update cuman pengumuman pemberkasan, udah ditanya tetangga kapan ke jakarta lahhh...

Baru pengumuman masuk itu sekitar akhir april dan kita semua udah harus masuk tgl 4 mei. 4 mei pengarahan dulu di pondok ranji. 5 mei udah kembali ke unit masing-masing.

Dan kerja lah sampe hari ini.

Gitu deh jalan cerita gue selama proses rekrutmen cpns di KESDM.

PNS emang masih jadi primadona ya untuk anak-anak fres-grad, tapi percayalah pekerjaan itu ngga cuma pns. Dan jadi pns ngga semudah yg kalian bayangkan.




PS:
Kalo ada yang nanya soal ketetatan ujian, mending mendaftar instansi pusat atau daerah sih?
Sepengalaman gue, mending instansi pusat. Gue skor ujian 337, temen gue ada yang dapet 336 di Pemda tapi nggak lolos. Kenapa? Karena yang daftar Pemda banyak sedangkan yang dibutuhin cuma 2 orang, dan 2 orang itu mendapat skor jauh diatas temen gue tadi. Tapi kalo kalian yakin bisa ya gapapa daftar di Pemda. Rejeki nggak kemana kok.



Untuk CPNS 2016 sejauh ini belum ada info kapan buka dan jadwalnya juga belum ada. Silakan cek web menpan.go.id atau panselnas.menpan.go.id, waktu aku daftar cpns itu di web panselnas terpampang formasi dan alur pendaftaran. Kalo di panselnas ngga ada share soal itu berarti berita CPNS 2016 yang beredar adalah HOAX!

Oh iya, soal bayar membayar gimana? Nggak ada tuh bayar membayar. Gratisss. Paling biaya buat ongkos kereta buat ujian ke Jakarta dan ongkos makan atau ongkos jajan karena habis ujian mampir mol. Selebihnya nggak bayar.






Cmiiw.



Love,
Meta.

4 comments:

  1. Hey, Ta
    Aku meh tanya masalah ttg tes TKD, apakah tesnya cuma 3 tes itu aja (TPK, TIU, TWK) atau ada tes lainnya? Terus apa soal-soal yang keluar pas tes itu, kisi-kisinya beneran mirip sama soal yang dibuku yang ada di toko-toko & soal tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wisnu.. Terima kasih ya udah berkunjung ke blog aku. hehe

      iya TKD isinya TPK, TIU, dan TWK aja. ngga ada lainnya. kalo menurut aku, soalnya mirip2 ya. bahkan ada yang sama percis. dulu aku cuma belajar semalem sebelum tes, dan yang aku baca2 itu keluar ada sekitar 5 soal..

      kamu mau coba cpns tahun ini? semangat ya!

      Delete
  2. He, siap!
    Aku lumayan sering mampir misal koe ngeshare blogpost di FB, tapi jarang komen memang XD

    Iya, yang kemenkumham itu.. Harus e kan kemaren udah keluar itu pengumuman lolos berkas/ngga, tapi web e down kaya e. Jadi belom sempet mbuka..

    Oke-oke, tak nyoba nyari-nyari contoh soal sik. *Maklum, buta masalah soal-soal yg begituan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silent reader ya bray. wkwk

      owalah.. kirain mau daftar yang baru bukaan ini. udah ada keknya link pengumumannya.

      hahaha aku ada banyak kalo mau. ada aplikasi simulasinya juga. jadi bisa ngetes kemampuan tkd kita seberapa. hehe

      Delete