Arsip

Usernamenya aja udah dokterarsip, ngga adil ya kalo isinya malah mengenai cinta-cintaan. wkwk
Yuk mari kupas tuntas soal arsip, apasih arsip? Kok mau sih kerja di arsip? Kok mau sih ngurusin kertas-kertas lusuh yang udah ngga berguna?

Nah... ini nih yang kebanyakan orang awam ngga tau. Justru arsip itu masa depan suatu organisasi. Nggak ada arsip kita ngga bakal tau itu organisasi, instansi berdiri tahun berapa? Gimana prosesnya, gimana trackrecord-nya bisa sampai seperti sekarang? Arsip juga ngga melulu kertas lusuh berdebu loh kak, sekarang di era yang serba elektronik arsip juga berbentuk elektronik juga. Ada tape recorder (ini jadul yah nampaknya?-red), compact disk, microfis, microfilm, dsb.

Jauh amat yah bahasnya segala sampe ke elektronik, pengertian arsip aja belum. Oke, arsip menurut Undang-Undang No.43 Tahun 2008 tentang Kearsipan adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Gampang kan?? Dulu pengertian ini gua harus hafal di luar kepala karena tuntutan UAS (-_-").

Pengertian udah, contoh arsip udah kan? Riwayat organisasi, sejarah berdirinya suatu organisasi, dll. Untuk perseorangan arsipmya adalah akta kelahiran, pernikahan, dan dokumen-dokumen pribadi lainnya. Arsip sendiri masih dibagi lagi berdasarkan penggunaan yaitu arsip dinamis dan arsip statis. Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu. Sedangkan arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh ANRI dan/atau lembaga kearsipan.

Arsip dinamis dibagi lagi menjadi 2, arsip dinamis aktif dan arsip dinamis inaktif. Arsip dinamis aktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya tinggi dan/atau terus-menerus. Arsip dinamis inaktif atau biasa disebut arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun.

Itulah gambaran dasar mengenai arsip yang jika kalian orang awam ingin tau apa sih arsip.
Masih banyak banget yang menarik di arsip, yang hanya orang-orang terpilihlah yang mampu bertahan dengan arsip. heheehehee...

Pertanyaan yang sering juga ditanyakan sama temen-temen: Kenapa sih mau di Arsip??
Awalnya aku kesasar *eh. Iya bener. Dulu pengennya aku masuk Komunikasi UI. Tapi yah bukan rejeki aku disana. Masuk arsip hanya iseng-iseng belaka yang yaudah si apa salahnya dicoba dulu. Bertahan 1 tahun dengan ketidakbetahan kuliah di Kearsipan UGM, membuat aku dipaksa harus mencintai apa yang sudah aku mulai. Setelah ditekuni dan selalu bersyukur dengan apa yang sudah aku dapatkan, Alhamdulillah aku menyelesaikan studiku di UGM passs 3 tahun.

Belum 1 tahun lulus aku udah kerja di KESDM bidang arsip juga. Jadi ya harus ngurusin kertas-kertas lusuh lagi selama kurang lebih 30tahun ke depan. Bagaimanapun, harus cinta kan dengan arsip??
.
.
.
.
.
.
.

Arsip aja aku urusin kak, masa kamu engga???

0 comments:

Post a Comment